FB : De Pe Elmiyana
e-mail: depe.elmiyana@yahoo.com

Sabtu, 06 Oktober 2012

Shopaholic dengan Siklus Menstruasi??

Girls, pernah gak sih kalian ngerasain hasrat belanja yang memuncak ketika akan memasuki masa menstruasi? Curcol nihh, kalo aku sih iya.. Kira-kira kenapa ya? Setelah ditelusuri ternyata memang ada hubungannya.. Weuww.. Simak yuk..

Jadi menurut salah seorang psikolog bernama Prof. Karen Pine yang telah melukakan riset di University of Hertfordshire, wanita-wanita yang gila belanja itu merupakan bentuk pelampiasan dari siklus menstruasi. Belanja bisa menjadi salah satu jalan bagi wanita untuk mengatasi emosi negatif akibat perubahan hormon menjelang menstruasi, waktunya terutama 10 hari menjelang menstruasi. Perilaku berbelanja ini merupakan reaksi atas memuncaknya emosi pada "fase luteal" tersebut, ketika wanita merasa stress atau depresi mereka melampiaskannya dengan berbelanja untuk menormalkan emosinya.

Hal tersebut bisa diterangkan melalui teori perubahan hormon selama siklus menstruasi. Fluktuasi hormonal akan mempengaruhi bagian di otak yang berhubungan dengan emosi dan kontrol perilaku. Inilah yang menyebabkan pengeluaran tidak terkontrol.

Alasan lainnya pada wanita yang gila belanja adalah wanita membeli sesuatu untuk membuat mereka menarik, hal ini terkait dengan periode ovulasi (pembuahan) saat wanita berada dalam masa subur yaitu 14 hari sebelum menstruasi. Sebagian barang yang dibeli berupa perhiasan, make up, sepatu, dll. Wanita cenderung akan lebih banyak berhias diri untuk menarik pasangannya pada masa subur.



Pada penelitian lain di John Molson School of Business, para peneliti mengatakan bahwa dengan temua ini dapat menjelaskan pola-pola perilaku dan membantu wanita agar lebih dapat melakukan kendali terhadap keinginan belanja yang berpengaruh pada pengeluaran. "Perilaku konsumtif ini terjadi tanpa kesadaran, karena fluktuasi hormon. Penelitian ini sangat bermanfaat agar para wanita dapat sadar dan tidak tergoda dengan barang-barang belanjaan".

Jadi girls, hati-hati yaa kalo mau belanja pas masa-masa tersebut. Jangan sampai deh kebablasan.. ^^

Sumber :
http://hidupsehat.co.in/2012/01/ada-hubungan-antara-gila-belanja-dengan-siklus-m/
http://chicmagz.com/read/1594/sedang-pms-hati-hati-boros
http://life.viva.co.id/news/read/340586-wanita-menjadi-gila-belanja-saat-masa-subur

0 komentar: